UTS Komunikasi Grafis

.

.

.

.

.

.

.

 

Selama ini kita belajar Komunikasi Grafis serta komunikasi visual dengan Desain komunikasi Visualnya dengan pendekatan Teori.

Nah pada moment UTS ini, kita akan memasuki fase praktek dari komunikasi Grafis. Mungkin buat yang terbiasa dengan photoshop hal ini adalah hal yang mudah.

Saya memikirkan bagaimana agar teman- teman yang belum terbiasa dengan photoshop juga dapat mendesain komunikasi visual dan grafis dengan cita rasanya sendiri. Dan saya teringat beberapa minggu lalu di kelas kita ada yang menanyakan tentang aplikasi yang biasa di pakai dalam membuat suatu desain bagi pemula yang bisa di instal di hp, dan jawaban saya adalah spt di bawah ini.

Nah inilah saatnya kita mempraktekan komunikasi grafis kita. Mari kita mendesain dengan cara yang lebih mudah dengan Canva. Mengapa Canva ?

karena di canva template sudah tersedia, tinggal ganti tulisan, warna, gambar dan segalanya yang sesuai dengan cita rasa anda.

 

Jangan takut salah dan takut hasilnya tidak seindah teman- teman anda yang sudah terbiasa dengan desain grafis, yang terpenting adalah anda melangkah dan mendesain karya komunikasi grafis anda sendiri dengan sentuhan tangan dan kreatifitas anda sendiri. Pada bagian akhir tulisan ini  juga saya sudah sediakan panduan video penggunaan canvanya, jadi tinggal menggali kreatifitas anda.

 

Namun berhubung hal ini kita lakukan pada momen UTS, berikut ini panduan pelaporan UTS nya:

 

  1. Untuk masuk/Login ke Canva.com, buatlah akun gmail baru per kelompok 1 akun Gmail.

Nah Khusus untuk kelompok 1 sudah saya buatkan akun Gmailnya sekalian kemarin saya cek ketersediaan username nya dan ternyata masih tersedia :

 

Untuk Kelompok 1

Username: istekwiduri1@gmail.com

password: istekwiduri2020

 

Untuk Kelompok 2 dan selanjutnya bisa melanjutkan membuat akun baru di Gmail dengan username sesuai nomor kelompoknya spt utk kelompok 2:

Username : istekwiduri2@gmail.com

Password sama: istekwiduri2020

 

Dan Selanjutnya sampai kelompok terakhir, password disamakan ya.

 

  1. Akun tersebut digunakan untuk tiap anggota kelompoknya masuk dengan akun gmail tersebut ke Canva.com, nantinya setiap anggota kelompok mendesain sesuai selera, taste, warna dan cita rasanya masing- masing.

 

  1. Adapun tugas UTS tiap Mahasiswa Komunikasi Grafis adalah merancang narasi (dalam bahasa Indonesia) dan desain komunikasi visual sbb :

 

Buatlah dan desain :

2 Narasi & Desain kampanye bertema tentang “Pencegahan Covid19” misal:

  • Tentang tidak mudik
  • Protokol kesehatan : cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, tingkatkan imune dll

2 Narasi & Desain kampanye bertema tentang “menikmati isolasi” misal:

  • Tetap Enjoy Belajar Dari rumah, Bekerja dari rumah, ibadah dari rumah
  • Waktu berkualitas dengan keluarga dsb

2 Narasi & Desain kampanye tentang Selamat Idul Fitri.

2 Narasi & Desain Kampanye tentang Promosi Kampanye di STISIP Widuri

2 Narasi & Desain Kampanye tentang Promosi Jurusan Ilmu Komunikasi di Stisip Widuri

 

Jadi Total Setiap mahasiswa memiliki 10 narasi dengan 10 desain yang berbeda (istilah buat 10 DP), sertakan no urut absen dan nama anda pada desain yang telah anda buat.

 

==========================================================

Hasil desain tentunya akan tersimpan otomatis di akun Gmail Canva kelompok  tersebut diatas, namun untuk back up dan laporan UTS kita, silahkan di simpan dalam Google Drive kelompok anda tersebut spt :

istekwiduri1@gmail.com  (untuk kelompok1)  Dan dalam Google drive tersebut setiap mahasiswa memiliki folder dengan nomor urut absen dan namanya yang isinya adalah hasil desain UTS nya.

 

“ Jelasnya setiap kelompok memiliki 1 akun gmail/googledrive dan setiap email berisi folder-folder tiap anggota kelompoknya dan tiap folder berisi 10 desain mahasiswa.”

Berikut ini adalah salah satu tutorial penggunaan canva semoga dapat membantu :

 

Subscribe

Trimakasih untuk kunjungan anda di BungIwan.com untuk update info terbaru, Silahkan isi email anda. Trimakasih

No Responses

Tinggalkan Balasan