Desain Media Digital: Tipografi

Tipografi (typography) adalah perpaduan antara seni dan teknik mengatur tulisan, termasuk di dalamnya alur spasi, kerning, dan perataan (text alignment). Dalam desain media online, tipografi menjadi isu tersendiri, terutama menyangkut perataan (text alignment), huruf kapital, serta jenis dan warna

 

Konsep dan tehnik seputar tipografi di media online bermuara pada tingkat keterpindaian (scannability) dan keterbacaan (readability), yaitu menyajikan tulisan yang mudah dipindai dan dibaca pengguna online.

 

Di bagian ini akan diulas tentang perataan teks dan jenis huruf. Ini bukan soal benar atau salah, tapi soal komunikasi efektif atau tidak efektif. Di dunia desain, terutama desain komunikasi visual, tidak ada istilah salah atau benar; yang ada adalah komunikasi efektif atau tidak efektif.

There is no right or wrong way to align text,” tulis laman Desktop About seraya mengutip ungkapan Peter Bilak (Illegibility): “Right and wrong do not exist in graphic design. There is only effective and non-effective communication.”

 

Subscribe

Trimakasih untuk kunjungan anda di BungIwan.com untuk update info terbaru, Silahkan isi email anda. Trimakasih

No Responses

Tinggalkan Balasan